Masa Keemasan dan Keterpurukan Espanyol

sejarah Klub Espanyol

Sejarah Klub Espanyol – Nama klub sepakbola Espanyol ini mungkin tidak terlalu familiar jika dibandingkan dengan tim seakbola Spanyol lainnya. Klub sepakbola Spanyol seperti Barcelona FC, Real Madrid, Sevilla FC, Atletico Madrid dan Valencia mungkin lebih familiar di telinga penggemar Indonesia bahkan di negara Spanyol itu sendiri. Klub sepakbola ini mungkin mulai menjadi lebih familiar di kalangan pecinta bola Indonesia ketika pesepakbola berbakat Indonesia sempat menjalani trial di klub tersebut. Cerita sejarah Klub Espanyol ini mungkin bisa membuat para penggemar bola lebih mengenal dan menjawab rasa penasaran kalian tentang tim sepakbola Spanyol ini.

Memiliki nama asli Reial Club Deportiu Espanyol de Barcelona, Espanyol adalah sebuah klub olahraga professional yang berbasis di Barcelona, Catalonia, Spanyol. RCD Spanyol didirikan pertama kali pada tahun 1900. Salah satu peristiwa sejarah Klub Espanyol yang patut dilirik adalah ketika Espanyol berhasil memenangkan Copa del Rey sebanyak 4 kali pada tahun 2006. Klub yang bermain di La Liga ini juga sempat meraih final UEFA Cup di tahun 1988 dan 2007. Kemenangan yang berhasil diraih RCD Espanyol pada Copa Del Rey mengantarkannya memasuki UEFA Cup.

Sejarah Klub Espanyol dimulai saat pertama didirikan tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1900 oleh seorang murid dari Universitas Barcelona yang bernama Ángel Rodríguez Ruiz. Reial Club Deportiu Espanyol de Barcelona ini awalnya memiliki nama Sociedad Española de Football. Kemudian mengubah nama lagi menjadi  Club Español de Futbol. Klub ini memiliki beberapa nama panggilan diantaranya, Blanquiazules (Putih dan Biru) atau dalam bahasa Inggris White and Blue,  Periquitos, dan Mágico. Awalnya baju seragam yang mereka gunakan berwarna kuning cerah.

Sejarah Klub Espanyol dari segi nama menjadi hal yang menarik karena klub ini sempat berganti beberapa kali. Klub dari Spanyol ini kemudian berganti nama lagi menjadi Club Deportivo Espanyol. Pergantian nama ini juga disertai dengan pergantian warna baju seragam mereka menjadi strip biru dan putih. Klub sepakbola Espanyol telah sukses sejak awal didirikan.  Pada sekitar tahun 1917, Klub Espanyol namanya mulai dikenal sebagai Real Club Deportivo Spanyol.

Presiden dari sepakbola ini adalah Chen Yansheng.

Beberapa daftar nama pemain di skuat utama per 22 Juli 2017 adalah Victor Sanchez, Oscar Duarte, Gerard Moreno, Sergio Garcia, Felipe Caicedo, Leo Baptistao, Aaron Martin, Diego Lopez, Jose, Manuel Jurado, David Lopez, Javi Lopez, Hernan Perez, Javi Fuego, Pablo Piatti, Pape Diop, Alvaro Vazquez, MFEsteban Granero, GKPau Lopez, Marc Roca, Oscar Melendo, Marc Navarro, DFMario Hermoso, Rober Correa, dan Paco Montanes.

Pada bulan September 2009 IFFHS mempublikasi klasifikasi klub-klub Eropa sepanjang abad 21 dan Klub Espanyol ada di posisi ke 98. Seperti klub sepakbola Eropa lainnya, sejarah Klub Espanyol pun diiringi dengan fase kejayaan dan keterpurukan.